CARILAH ILMU MULAI DARI AYUNAN SANG IBU SAMPAI KELIANG LAHAT

Kamis, 14 Oktober 2010

source code visual basic penjualan alat - alat komputer


Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM).

Visual Basic merupakan turunan bahasa BASIC dan menawarkan pengembangan aplikasi komputer berbasis grafik dengan cepat, akses ke basis data menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO), serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

Membuat Program Aplikasi Penjualan Menggunakan Visual Basic merupakan solusi applikasi penjualan yang mudah.

Diera globalisasi ini Penjualan barang selalu menjadi item yang menarik untuk dibuatkan program aplikasinya, penghitungan stok, mencari daftar barang, catatan laporan penjualan, laporan penjualan merupakan ide-ide utama dari sebuah program penjualan. Program berikut ini dirancang untuk penjualan item-item barang, fitur-fitur yang disediakan sudah cukup lengkap walaupun masih ada kekurangan disana-sini, saya rasa hanya perlu pengembangan saja. Berikutnya kita disuguhi sebuah menu MDI, dengan informasi disudut kiri bawah, nama pengguna yang sedang aktif. Menu yang tersedia antara lain File, Display, Laporan. File berisi data-data penjualan, barang dan Ansuransi penjualan yang dapat diaplikasikan kepada pembeli yang ingin membeli barang secara beransur. Menariknya masing-masing entri ini memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Untuk barang misalnya, disediakan sebuah form entri yang dibawahnya berisi daftar barang dan kode barang yang telah tersimpan di database. Walaupun sebenarnya sebuah program menuntut keseragaman agar pengguna tidak pusing, namun saya rasa cukup bagus untuk pembelajaran
Menu berikutnya adalah display, mungkin maksudnya laporan dalam bentuk tampilan form yang konsepnya hampir sama dengan entri barang tadi. Form disini pun bervariasi ada yang menggunakan adodc dan ada yang menggunakan DBGrid.
Menu Proses berisi proses penjualan dan pembelian, bagusnya disini pengguna dapat menggunakan mouse ataupun keyboard. Bahkan si pembuat sudah memikirkan soal uang kembali yang harus diserahkan ke pembeli. cukup bagus, kemudian menu Laporan yang berisi daftar pembelian dan penjualan, sisi bagusnya sudah ada filter ansuransi pembelian dan pembelian secara chass/lunas, tertarik?, silahkan di download, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan coment anda dibawah.

link download ada DISINI

untuk source kodenya

DISINI

3 komentar:

  1. bos bisa buat untuk vb 2008 tidak???

    lagi butuh yang dari vb 2008 buat TA.

    BalasHapus
  2. walah.... sebenernya antara VB6 dengan VB2008 itu sama aja gan....

    munkin perbedaanya tipis banget....

    cob dulu agan buka dengan VB2008 bs juga kan???

    BalasHapus
  3. Link downloadnya ga bias kebuka atau sudah didelete oleh administrator

    BalasHapus

Komentar